Pernah Nonton 5 Film Kontroversial Ini?

Pernah Nonton 5 Film Kontroversial Ini? apanih.com clockwork orange


Siapa sih yang nggak suka sama film-film berbau kekerasan, berdarah-darah, penuh teror, dan juga berisi hal-hal yang kontroversial? Jawabanya adalah.. BANYAK! wkwkwk. 

Ya, masih banyak kok orang-orang yang emang nggak mau nonton film-film kayak gitu. Alasannya bisa macem-macem, mulai dari yang gampang eneg kalo nonton yang sadis-sadis, nggak kuat ngeliat darah tumpah ruah, dan ada juga yang emang dari dulu sangat-sangat anti sama film-film kayak gituan.

Ternyata memang ada banyak lho film-film yang dibenci dan ditentang oleh banyak publik. Bahkan ada juga film yang diprotes dan dilarang sebelum rilis. Yuk, kita simak bareng~ 


1. Buffalo Soldiers

Pernah Nonton 5 Film Kontroversial Ini? apanih.com buffalo soldiers

Amerika Serikat dan warganya mungkin tidak akan pernah melupakan kekejaman yang terjadi selama serangan teroris 11 September 2001. Peristiwa itu menyebabkan lonjakan patriotisme yang lebih luas bagi pasukan Amerika yang berlangsung bertahun-tahun. Mungkin, itulah penyebab mengapa setiap film yang menekankan citra buruk militer AS sangat disorot waktu itu.

Buffalo Soldiers adalah film satir yang dibintangi Joaquin Phoenix berdasarkan sebuah buku dengan nama yang sama. Menceritakan kisah seorang tentara Amerika yang nakal dan doyan banget sama heroin yang akhirnya malah menyebabkan malapetaka di Berlin. Film ini ditayangkan perdana di Festival Film Internasional Toronto hanya beberapa hari sebelum serangan teroris terjadi. Film ini tetap belum pernah dirilis di bioskop hingga pertengahan 2003.


2. A Clockwork Orange

Pernah Nonton 5 Film Kontroversial Ini? apanih.com clockwork orange

Ngomongin film kontroversial nggak mungkin kalo nggak ngebahas filmnya Stanley Kubrick "A Clockwork Orange." Film kejahatan dystopian, yang dibintangi Malcolm McDowell. 

Film ini berisi komentar cukup keras pada moralitas, kesalahan psikologi, dan masalah sosial yang mengganggu budaya Inggris. Film tahun 1971 ini menampilkan adegan pemerkosaan dan pembunuhan yang sangat sadis.

Pernah Nonton 5 Film Kontroversial Ini? apanih.com clockwork orange

Sementara penonton Amerika menikmati film yang menghasilkan hampir $ 24 juta lebih banyak daripada biaya pembuatannya, film itu langsung dilarang di Britania Raya setahun setelah rilis. Protes dan tekanan dari sana-sini menyebabkan Kubrick menghentikan penayangan film tersebut di Inggris hingga tahun 2000.


3. Don's Plum

Pernah Nonton 5 Film Kontroversial Ini? apanih.com dons plum

Pasti banyak penggemar berat Leonardo DiCaprio yang belum pernah mendengar tentang film indie tahun 2001 ini, dan itulah yang diinginkan sang aktor bersama dengan Tobey Maguire.

Film hitam-putih dengan budget rendah ini bercerita tentang sekelompok teman dalam satu malam di restoran. DiCaprio dan Maguire berusaha mati-matian untuk memblokir rilisnya film ini di Amerika Serikat dan Kanada. Mereka mengklaim bahwa film itu hanya sebuah kebaikan untuk seorang teman dan mereka tidak berharap film itu akan dirilis di bioskop.

Pernah Nonton 5 Film Kontroversial Ini? apanih.com dons plum

Ledakan popularitas DiCaprio setelah "Titanic" mendorong sutradara untuk menawarkan film itu kepada para distributor besar, dan penonton siap untuk melihat DiCaprio lugu mereka sebagai misogynist. Hal ini dinilai mungkin akan menggelincirkan karirnya.

Satu-satunya tempat dapat ditemukannya film "Don's Plum" hanya ada di YouTube sebelum dihapus secara permanen.


4. CockSucker Blues

Pernah Nonton 5 Film Kontroversial Ini? apanih.com cocksucker blues


Sebuah film band dokumenter yang dibuat saat tur Amerika Rolling Stones pada tahun 1972. Film ini berisi cukup banyak kontroversi, terutama dari sisi Mick Jagger. 

Pernah Nonton 5 Film Kontroversial Ini? apanih.com cocksucker blues

Di film ini Mick Jagger banyak terlihat menghisap kokain, bersenang-senang bersama groupies, pesta heroin di kamar hotel, dan bahkan film ini memperlihatkan tindakan cabul dan menyimpang yang dilakukan oleh band tersebut sepanjang film.


5. Maniac

Pernah Nonton 5 Film Kontroversial Ini? apanih.com maniac

Salah satu film slasher asli yang mempopulerkan genre ini di era 80-an. Film tahun 1980 ini menceritakan kisah seorang pembunuh berantai yang membantai korban perempuan muda karena trauma yang ditimpakan kepadanya ketika masih kecil. Film ini sangat-sangat sadis hingga menampilkan penggambaran tentang sosok wanita yang dibunuh. 

Pernah Nonton 5 Film Kontroversial Ini? apanih.com maniac

Versi yang telah diedit akhirnya dirilis pada tahun berikutnya dengan rating R, tapi film ini tetap dilarang di Inggris hingga tahun 2002. Di-remake lagi di tahun 2012 dan dibintangi Elijah Wood tapi ya.. tetep aja masih dilarang di Selandia Baru.

So.. Apakah kamu pernah nonton salah satu dari 5 Film Kontroversial di atas? Menurut kamu mana yang paling nggak bisa diterima? Atau kamu punya referensi film lain yang mirip-mirip? Share ke kolom komen di bawah ya! ;)

Subscribe to receive free email updates: