Lagi di Jepang? Cobain 8 Menu Kuliner Unik Ini Kalo Berani!

Lagi di Jepang? Cobain 8 Menu Kuliner Unik Ini Kalo Berani! APANIH.COM

Siapa sih yang nggak kepengen liburan di Jepang? Negeri sakura ini selain dikenal dengan keindahan alamnya, juga banyak digilai wisatawan karena kulinernya. Sebut saja Sushi, Sashimi, Tokoyaki, Dorayaki, Miyabi, pasti udah pada kenal dong yaa sama makanan-makanan itu. Bisa dibilang makanan Jepang yang paling mainstream, lah~

Lagi di Jepang? Cobain 8 Menu Kuliner Unik Ini Kalo Berani! APANIH.COM

Nah, buat kamu yang lagi baca artikel ini dan kebetulan lagi liburan di Jepang atau baru rencana mau liburan ke Jepang, ada 8 rekomendasi kuliner unik yang perlu kamu cicipin nih kalau berani!

Cekidot~

1. Habushu

Dalam bahasa Jepang, Habushu artinya ular berbisa. Hmm.. Daging ular? Mungkin itu yang terlintas dalam pikiran kalian. Tapi sebenernya Habushu yang dimaksud disini adalah minuman keras atau sake (arak) asli Jepang, cuma yang membedakan adalah bahan bakunya yang difermentasi dengan tubuh ular. Wow!

Dari namanya, kalian pasti udah bisa nebak dong jenis ular apa yang digunakan? Jenis ular berbisa yang digunakan adalah ular habu atau ular beludak Jepang. Namun, walaupun bahan bakunya dari ular berbisa, sajian yang satu ini bisa dibilang tergolong aman dan nggak berbahaya, loh, guys!

Lagi di Jepang? Cobain 8 Menu Kuliner Unik Ini Kalo Berani! APANIH.COM HABUSHU

Habushu lebih dulu terkenal di daerah Okinawa dan menjadi kuliner khas disana hingga menyebar ke daerah Jepang lainnya. Daya tarik lainnya adalah kemasan Habushu yang cukup unik. Menggunakan toples tembus pandang, kemudian diisi dengan ular utuh yang melingkar di dalamnya.

Proses pembuatannya sih sama kayak minuman Sake pada umumnya dari sari beras yang difermentasikan lalu ditambah dengan rempah khas Jepang. Setelah cairan Habushu siap, ular habu yang sudah diawetkan langsung dimasukkan kedalamnya.

Lagi di Jepang? Cobain 8 Menu Kuliner Unik Ini Kalo Berani! APANIH.COM HABUSHU

Karena dianggap eksklusif serta proses pembuatannya yang cukup rumit, ditambah lagi dengan bahan bakunya yang tidak biasa, wajar kalo sajian yang satu ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal.


2. Shirako

Shirako merupakan hidangan yang sangat populer di Jepang. Makanan yang satu ini bisa dengan mudah kalian temukan di bar-bar. Eh, tapi sebelumnya udah ada yang tau belum Shirako itu makanan apa?

Lagi di Jepang? Cobain 8 Menu Kuliner Unik Ini Kalo Berani! APANIH.COM SHIRAKO

Sekilas, makanan ini seperti usus sapi yang disajikan mentah-mentah. Mengkonsumsi makanan mentah mungkin bukan hal yang aneh lagi bagi sebagian masyarakat di Jepang maupun dunia. Namun, sebenarnya Shirako ini adalah sajian ekstrim yang bahan bakunya diambil dari bagian tubuh hewan yang nggak lazim buat dikonsumsi, yaitu alat kelamin ikan kod jantan yang masih mengandung sperma. Ewww...

Lagi di Jepang? Cobain 8 Menu Kuliner Unik Ini Kalo Berani! APANIH.COM SHIRAKO

Bagi kebanyakan orang, sajian ini mungkin bisa dibilang menjijikkan dan nggak layak untuk dikonsumsi. Tapi ternyata banyak juga yang bilang kalo Shirako ini bisa bikin ketagihan, loh!

Shirako memiliki tekstur creamy seperti custard serta rasa yang gurih. Mungkin itu salah satu alasan kenapa sajian unik ini digemari banyak orang. Kamu tertarik buat nyobain juga nggak?


3. Basashi

Pernah makan Sashimi? Kalo belum, Sashimi adalah irisan daging ikan mentah yang masih segar lalu disantap bersama irisan jeruk nipis. Yang pernah makan pasti ketagihan, deh. Tapi, gimana jadinya kalau daging ikan mentah itu diganti pakai daging kuda? Nah, ini dia yang namanya Basashi. Sashimi versi daging kuda~

Lagi di Jepang? Cobain 8 Menu Kuliner Unik Ini Kalo Berani! APANIH.COM BASASHI

Sajian unik ini berupa olahan daging kuda segar yang masih mentah, lalu disajikan bersama dengan saus kedelai, daun bawang yang dicincang, juga rempah-rempah lainnya seperti jahe dan bawang putih. Basashi sangat terkenal di negara Jepang, terutama di daerah Kumamoto, Nagano, dan Oita. Dan juga menjadi makanan umum di wilayah Tohoku.

Lagi di Jepang? Cobain 8 Menu Kuliner Unik Ini Kalo Berani! APANIH.COM BASASHI

Walaupun kelihatan nggak lazim, Basashi ternyata punya banyak penggemar, loh, guys! Untuk kualitas rasa, Basashi punya rasa daging yang manis serta rendah kandungan lemak. Itulah kenapa Basashi punya nilai plus tersendiri.

Selain diolah menjadi sashimi, olahan daging kuda juga bisa disajikan sebagai sushi. Cara membuat sushi daging kuda pun tergolong mudah. Hanya dengan menambahkan nasi yang diberi cuka, lalu letakkan daging kuda segar diatasnya.. jadilah kudapan lezat yang rendah lemak!

Lagi di Jepang? Cobain 8 Menu Kuliner Unik Ini Kalo Berani! APANIH.COM BASASHI

Nggak heran kalau Basashi menjadi salah satu makanan elit khas Prefektur Kumamoto. Harga satu porsi Basashi pun dibanderol senilai 1000 yen! Wow. Saking populernya, Basashi ini pun juga dijadikan dessert atau makanan penutup yang berupa es krim. Es krim Basashi, gimana rasanya, yah? Eeeew....


4. Kare Daging Beruang

Salah satu makanan unik dari Jepang selanjutnya adalah kare daging beruang! Daging beruang!? Ya! Kamu pasti penasaran kan sama rasa daging beruang?

Makanan olahan ini dikemas dalam wadah kaleng mirip seperti sarden. Kare daging beruang memiliki rasa yang cukup nikmat karena terbuat dari lemak daging beruang dengan rasanya yang gurih dan rempah bumbu karenya yang endol~

Lagi di Jepang? Cobain 8 Menu Kuliner Unik Ini Kalo Berani! APANIH.COM

Cara dapetin makanan khas daerah Hokaido ini gampang kok, karena sudah banyak tersebar di supermarket-supermarket. Gih, buruan cobain! 


5. Hot Dog Ikan Asin

Hot Dog dengan isian ikan asin? Well, terdengar absurd memang, tapi sajian unik satu ini beneran ada di Jepang, loh!

Lagi di Jepang? Cobain 8 Menu Kuliner Unik Ini Kalo Berani! APANIH.COM

Shioyaki Doggu atau Hot Dog Jepang ini punya rasa yang nggak kalah enak dari Hot Dog pada umumnya. Coba bayangin, deh.. renyah dan gurihnya daging ikan asin tanpa duri-duri asmara yang dipanggang bersama kelembutan roti yang berpadu dengan bumbu rempah khas Jepang~ Uuuuuwh~


6. Squid Chocolate

Sekarang saatnya kita mengintip kuliner cokelat isi cumi-cumi! Wah.. Jepang ini emang suka banget berinovasi lewat makanan, yah.. 

Lagi di Jepang? Cobain 8 Menu Kuliner Unik Ini Kalo Berani! APANIH.COM

Snack yang satu ini kabarnya lagi populer banget di Jepang, guys. Kalau kamu seafood lover, wajib nyobain! Cokelat ini isinya beneran potongan cumi kering, bukan cumi cuma miskol. Cokelat unik ini juga biasanya dijadikan salah satu bingkisan favorit pas Valentine's Day, loh! Wah, bisa dicoba nih, guys~


7. Frog Burger

Nah, loh.. Dari judulnya aja udah serem..
Seorang pemilik kafe asal Yokohama, Jepang, bikin terobosan baru dengan menciptakan makanan yang tampilannya bisa dibilang cukup mengerikan, yaitu Burger Katak. Roti yang digunakan pun nggak kalah serem karena pake adonan roti yang berwarna hitam, seperti beracun.

Lagi di Jepang? Cobain 8 Menu Kuliner Unik Ini Kalo Berani! APANIH.COM

Walaupun bahan bakunya terbuat dari daging katak, sajian unik ini punya rasa yang enak banget! Dengan harga 1000 yen (atau setara dengan Rp 120.000) kamu sudah bisa mendapatkan satu porsi burger hitam berisi daging katak goreng yang cukup besar, patty ayam goreng krispi, daun selada, dan tentunya saos! 

Oiya, harga segitu sudah termasuk softdrink, loh, guys. Kalo tertarik buat nyobain, kamu bisa langsung mengunjungi kafe Orbi Yokohama~


8. Sakuramochi

Dari namanya kamu pasti sudah bisa menebak dong kalau makanan unik yang satu ini mirip banget sama kue mochi. Siapa sih yang nggak kenal sama mochi si kue mungil? Walaupun demikian, Sakuramochi punya isi yang berbeda, loh! Yaitu kacang merah yang rasanya sangat sangaaat manis.

Lah.. Trus, uniknya dimana? 

Di kemasannya!

Lagi di Jepang? Cobain 8 Menu Kuliner Unik Ini Kalo Berani! APANIH.COM

Sakuramochi dikemas menggunakan daun bunga sakura dan di setiap tanggal 3 Maret, makanan ini menjadi makanan yang wajib untuk merayakan hari gadis atau biasa di sebut dengan Hinamatsuri. Waah.. yang kebetulan ada agenda di tanggal itu jangan lupa buat nyobain yaa!

Naah.. Gimana? Unik-unik banget, kan?
Udah ada yang pernah nyobain salah satu dari 8 makan di atas belum? Kalau belum, nggak ada salahnya loh buat nyobain salah satu. Itung-itung buat pengalaman wisata lidah~