Kolaborasi Bareng Followers Ala @duniamanji

Kolaborasi Bareng Followers Ala @duniamanji


Halo Mas Anji, makin aktif aja nih majuin Industri musik tanah air~ 

-- Haloooo, iya nih berusaha terus walau dari dasar mengerjakannya. Yang di atas memajukan dengan cara mereka, yang di bawah juga memajukan dengan caranya. Semoga sinerginya bisa menghasilkan industri musik yang semakin baik. Kebetulan untuk album mendatang, pengerjaannya dilakukan secara indie, jadi lebih luwes pergerakannya.


Wuih manteb!! Oke, langsung aja nih kita kepo-kepo soal Kolaborasi Bareng Followers-nya yak!


Kolaborasi Bareng Followers itu apa ya, mas? Dan sistemnya gimana?


-- Kolaborasi bareng followers ini adalah ide saya yang menggabungkan antara mencintai Indonesia dan mengajak teman-teman followers buat berkarya bareng. Tanpa mengurangi rasa hormat., ada penjelasan panjang di http://www.duniamanji.com/kolaborasi-bareng-followers/

Followers Mas Anji kan harus upload video di youtube, nah itu sampai tanggal berapa, mas?


-- Untuk sistem dan waktu pelaksanaan, masih tentatif karena tiba-tiba ada tawaran untuk menggabungkannya dengan beberapa instansi yang tertarik untuk program ini. Jadi saya coba bernegosiasi dulu sama mereka. Kan asik kalau program ini mendapat dukungan dari lebih banyak pihak yang bahkan berhubungan dengan pemerintahan daerah terutama Dinas Pariwisata dan juga Kementerian Pariwisata.



Kalau ikut Kolaborasi Bareng Followers harus bisa nyanyi? Kalau bisanya cuma main musik aja gimana?


--  Untuk ikut program ini, saya tidak hanya mengajak followers yang bisa nyanyi, tapi juga memainkan alat musik, membuat lagu, bahkan juga menjadi model video klip. 


Buat saya pribadi, memakai model terkenal buat klip, tidak terlalu memiliki nilai besar. Karena yang menjadi modelnya kan hanya melakukan pekerjaannya sebagai model. Kepemilikannya terhadap karya video itu menurut saya tidak terlalu besar, kecuali memang lagu itu hits. Kalau tidak hits, sepertinya biasa saja buat mereka. Sementara kita kan tidak bisa menjamin sebuah lagu akan menjadi hits atau tidak.

Saya mau membuat lagu-lagu di album nanti menjadi monumental buat saya dan juga teman-teman yang belum pernah melakukan pekerjaan itu secara profesional. Repot sih pasti, tapi saya menantang diri saya dan tim Dunia Manji untuk melakukan kerepotan ini.


Lagu yang dinyanyikan bebas atau hanya lagu-lagu ciptaan Mas Anji aja?


-- Lagu yang akan masuk adalah ciptaan saya dan Irvan Borneo (partner saya) juga yang berkolaborasi dengan followers. Juga ada lagu yang diadopsi dari puisi-puisi yang saya suka.



Wah! Seruuuu..!

Kasih masukan dong Mas, biar musisi-musisi muda Indonesia lebih semangat berkarya dan lebih berkembang ;)

-- Masukan buat musisi muda, selain belajar bagaimana membuat produksi musik yang baik cobalah buat MEMPELAJARI INDUSTRI MUSIK. Cobalah buat mengerjakan banyak hal sendiri dan mengembangkannya di bidang yang masih bisa dikerjakan.

Setiap kota besar di Indonesia adalah seperti miniatur Jakarta. Semua media yang dibutuhkan tersedia. TV lokal, radio lokal, media cetak lokal, media online lokal, EO lokal, Gigs lokal dan banyak hal yang bisa dimanfaatkan untuk belajar sebelum memutuskan memasuki industri musik Nasional yang ramai. Jadilah musisi lokal yang berkibar di daerahmu dulu sambil mencari celah untuk masuk ke dalam industri musik yang lebih besar. SEMANGAT!!
Kolaborasi Bareng Followers ala @DuniaManji


Nah, jadi siapa aja nih yang mau ikut Kolaborasi Bareng Follower ala +Dunia Manji? Yuk! bareng-bareng kita bangun Musik Indonesia agar semakin kece!
So, buat temen-temen yang abis baca #TanyaApaNih dan tiba-tiba langsung kepikiran pengen ikutan kolaborasi bareng Manji, yaudah buruaaan! Jangan cuma disimpen di kepala dan dibiarin jadi angan-angan. Yuk, gerak dan realisasikan! ;)