Ini yang Terjadi Kalo Kamu Bikin Tattoo Tapi Nggak Mau Bayar Mahal





Sering kejadian ada orang yang selalu menawar harga tato biar dapet murah. Padahal, yang murah itu belum tentu bagus dan berkualitas. Udah banyak kejadian yang nyesel abis bikin tato karena hasilnya jelek atau nggak sesuai dengan apa yang diharapkan. Misalnya nih, pengen bikin tato foto wajahnya Bob Marley, tapi hasilnya malah lebih mirip Jaja Miharja. Kan jauh~ Jamaika ke Betawi :(

Hampir 70% peralatan tato itu sekali pakai buang. Contohnya; jarum, sarung tangan, spidol yang buat bikin sket di kulit, tempat tinta, sisa tinta, dll. Jadi masuk akal banget dong kalo tato itu mahal. Belom lagi bayar jasa si tato artisnya. Kamu lebih baik bayar mahal deh daripada bayar murah tapi asal-asalan.

Ada harga, ada rupa. Coba bayangin tato dengan harga 400 ribu rupiah dengan harga 4 juta rupiah pasti beda dong hasilnya. Biasanya kalo ada tato artis yang masang tarif mahal, itu karena dia emang udah berpengalaman dan profesional banget. Sebelum tato biasanya ada medical check up, dilihat dulu jenis dan tekstur kulitnya, cocoknya pake warna apa, dll. Natonya pun di studio yang bener-bener bersih. Kan tato itu termasuk operasi kecil, jadi tempat, alat, dan perangkat lainnya harus benar-benar bersih dan steril. 

Nah, kalo ada tato artis yang masang harga murah jauh dari harga standar, bisa jadi doi lagi dalam masa bekerja sambil belajar, jadi ya kamu jangan berharap lebih kalo hasilnya nggak sesuai sama yang kamu pengenin. Contohnya tato ini nih~


Kasian singanya :(

Itu masih mending. Hewan. Semua hewan mukanya masih sama. Nah, kalo bikin tato wajah seorang tokoh atau musisi tapi hasilnya meleset dari tiang gawang kayak gini gimana dong :(




:(


Positive Thinking aja ya, gaes.. Mungkin mas Elvis kurang tidur :(



Eh! Tapi ada juga loh yang awalnya fail, terus di-retouch sama tato artis yang lebih ahli, hasilnya bisa ketolong. Kayak gini nih~


Berasa banget kan bedanya~



So, gaes..
Intinya, kalo mau bikin tato permanen yang bakal menempel di tubuhmu seumur hidup, kamu perlu persiapan matang dan budget yang sesuai. Cari tato artis yang jago dan punya spesialisasi bikin gambar sesuai disenmu. Bayar mahal nggak masalah, toh juga itu permanen. Buat seumur hidup. Bayar murah tapi hasilnya zonk juga malah keluar duit lebih. Ngilangin tato itu mahal! Daripada buat ngilangin tato, mending duitnya ditabung buat nikah deh~