DIET PALEO - Diet Ala Manusia Purba

DIET PALEO - Diet Ala Manusia Purba

Diet? Mungkin beberapa dari kalian ada yang sedang menjalani program diet, atau malah kapok karena ternyata diet yang kamu jalanin justru malah menyiksa kamu? Well, talk about diet nih, guys, ternyata ada berbagai macam diet, loh! Setelah kemarin kita sempet dihebohkan sama diet mayo; pola diet yang tanpa garam, sekarang muncul lagi nih jenis diet yang nggak kalah hietz sama diet mayo, guys! Namanya Diet Paleo!

Diet paleo? Diet apa sih itu?
Diet paleo sebenarnya udah ada sejak jaman dahulu, guys. Actually, diet paleo ini disebut juga "Diet Manusia Purba". Loh kok bisa?

Seperti yang dijelaskan Esther Blum dalam bukunya 'In Cavewoman Don't Get Fat: Ancient Secrets to Rapid Weight Loss', rahasia mendapatkan tubuh ideal adalah makan seperti manusia gua pada zaman purbakala mengikuti nenek moyang manusia. Dia juga menerangkan dengan makan daging-dagingan atau protein hewani, akan meningkatkan hormon dopamin dan serotonin. Dua hormon inilah yang berperan penting menjaga berat badan tetap ideal. 

pic via google



Jadi diet paleo itu adalah metode diet yang lebih banyak mengonsumsi protein (hewani) seperti daging merah, ayam dan ikan, serta meminimalisir konsumsi karbohidrat yang berlebih. Walaupun diet ini mengharuskan mengonsumsi protein, tapi tetap harus menghindari gula dan produk olahan susu. Seperti yang dikutip dari Daily Mail, diet paleo menyarankan untuk mengurangi konsumsi karbohidrat seperti gandum, nasi, roti, juga makanan yang terbuat dari tepung lainnya. Kalo mau mengonsumsi kacang-kacangan juga boleh sebenarnya, tapi jumlahnya harus seminimal mungkin, pokoknya nggak lebih dari 1/4 cangkir sehari! Selain itu, tujuan dari diet paleo ini adalah untuk membantu menurunkan berat badan sekaligus menjaga kesehatan, guys!

pic via: appjenny.com

Oiya FYI, walaupun diet ini menganjurkan untuk mengonsumsi banyak protein hewani tapi tetap harus mengonsumsi produk makanan yang diolah dari bahan-bahan segar dan utuh. Maksudnya, bahan yang digunakan bukan makanan olahan pabrik, atau makanan kaleng tapi pure sayuran segar, daging sapi atau kambing segar (yang diberi pakan rumput segar dari peternakan organik), ayam kampung bukan ayam negeri, dan makanan laut yang masih segar yang diambil langsung dari laut (tidak diternak). Nah makanan yang diolah dari bahan-bahan segar tersebut dikenal dengan istilah wholefood.

pic via: myproana.com

By the way, sudah banyak loh selebriti-selebriti papan atas Hollywood yang menerapkan diet ini. Mulai dari Matthew McConaughey, Jessica Biel, Miley Cyrus daaaaann...si cantik nan seksi Megan Fox juga konon pernah menjalani diet paleo atau diet berbasis tinggi protein ini!

Gimana? Udah mulai tertarik mencoba diet paleo ini? Well, sebenarnya kalo menurut aku sih apapun jenis program diet kalian, tetap harus diimbangi sama olahraga dan pola hidup yang sehat, guys! Nggak mau kan punya body seksi, langsing tapi sakit-sakitan karena gaya hidup yang buruk. Huhuhu~